INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

RUTINAN KEGIATAN KELOMPOK RUKUN TENTANGGA

RUTINAN KEGIATAN KELOMPOK RUKUN TENTANGGA

Dalam lingkup pemerintahan desa purwoharjo, sektor pemerintahan yang paling bawah adalah kelompok rukun tetangga atau di sebut RT, dan di desa purwoharjo terbagi menjadi delapan kelompok rukun tetangga.

Dalam setiap kelompok rukun tetangga masing asing mempunyai aturan dan tata kelola masyrakatnya secara mandiri, dibahas dan disepakati bersama.

salah satu kegiatan yang paling menonjol adalah adanya kegiaan pertemuan rutinan yang dilaksankan setiap tiga puluh enam hari sekali, atau sering disebut lapanan, kegiatan ini dilaksanakan bertempat disalah satu rumah warga TR tersebut di tentukan dengan cara di undi. dan bagi yang namanya keluar pada undian tersebut, maka rumah yang bersangkutan secara otomatis akan menjadi tempat berkumpulnya acara lapanan berikutnya.

banyak fungsi dari  pertemuan lapanan tersebut, diantaranya adalah arisan, koperasi simpan pinjam, dan musyawarah berembug berbagai macam permasalahan lingkungan, termasuk diantaranya menentukan masa tanam padi, ketika musim tanam telah tiba.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter