INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Penanggulangan Hama dan Penyakit

Penanggulangan Hama dan Penyakit

Bagi msyarakat petani desa purwoharjo tanaman padi masih menjadi sumber pendapatan utama, baik sebagai bahan makanan pokok maupun jika dinilai dari segi nilai ekonomi.

Namun seringkali hasil produksi tanaman padi tidak sesuai dengan apa yang telah diusahakan, banyak hal yang menjadi kendala kurang berhasilnya Petani padi desa Purwoharjo. antara lain serang hama dan penyakit yang berakibat turunya hasil produksi tanaman padi.

Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah mnggandeng dinas pertanian kecamatan puring dan kelompok tani untuk melaksanakan penanggulangan hama penyakit secara serentak, dengan menggunakan dana atau anggaran APBDesa tahun 2021, dan baru dapat diaplikasikan tahun 2022 karena harus menyesuaikan kondisi tanaman.

berbagai metode untuk mengantisipasi hama penyakit secara terpadu, Peerintah Desa Purwoharjo memilih untuk melaksanakan dengan cara penyemprotan menggunakan insektisida dan fungisida yang di campur langsung kedalam drum besar, kemudian para petani tinggal menggambil dan memasukan kedalam tangki spayer untuk kemudian di semprotkan ke tanaman padi masing masing. Pelaksanaan penanggulangan hama dan penyakit dilakukan satu hari, dimulai pada pukul 06.00 wib dan selesai pada pukul 00.11 wis dengan sasaran 75 % lahan sudah diaplikasi dengan obat yang disediakan.

dengan langkah ini pemerinah desa berharap dapat menekan serangan hama penyakit dan dapat meningkatkan hasil padi dan petani dapat hasil yang lebih baik.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter