INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

SMD

SMD

Puring purwoharjo.go.id Survey Mawas Diri (SMD) merupakan suatu supaya bersama ang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama sama mengindetifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat dan menggali potensi potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Devinisi Survey Mawas Diri atau disingkat SMD adalah kegiatan pengenalan pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan kecamatan dan atau oleh bidan desa.

Adapun tujuan dari Survey Mawas Diri Adalah :

1. Pengumpulan data masalah kesehatan lingkungan dan perilaku

2. megkaji dan menganalisa masalah kesehatan lingkungan dan prilaku yang paling menonjol dimasyarakat.

3. menginventarisir sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mrngatadi masalah kesehatan

4. dukungan dari pemerntah desa dan pemka masyarakat dalam pelaksanaan pengeerakan dan pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan Desa Siaga

Survey Mawas Diri (SMD) sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat mempunyai kesadaran akan adanya masalah kesehatan yang perlu dihadapi. agar masyarakat mampu mengenal, mengumpukan data dan mengkaji yang ada dalam lingkunganya sendiri. timbulnya minat dan kesadaran utuk mengetahui masalah masalah kesehatan dan pentinganya masalah tersebut dan cara mengatasinya. dan mampu utnuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki. hasil SMD dari desa kemudian oleh Puskesmas akan menjadi dasar untuk menyusun dan membantu pemecahan masalah yang dihadapi.

seperti pada hari ini kamis 3 februari 2022 para kader Desa Siaga desa Purwoharjo melaksanakan koordinasi rutin bersama Bidan Desa beliau Ibu Siti Zulaecha, A.Md membahas tentang SMD dalam kesempatan ini bidan desa juga menghadirkan TIM Kesehatan Masyarakat dari Puskesmas Kecamatan Puring, yang dihadiri langsung oleh beliau Ibu Robiatul Adawiah, S.KM dan Ibu Muntahyatul Khoeriyah, A.MD.KL

dalam pemaparanya Robiatul Adawiah, S>KM mengajak para Kader desa Purwoharjo untuk berlatih bersama bagaimana cara melaksanakan survey mawas diri utnuk masyarakat, adapun langkah langkah tersebut meliputi :

- Persiapan SMD

menyusun daftar pertanyaan atau kuisioner kemudian menyusun dafatar lembar observasi utnuk meng observasi rumah, halaman dan lingkungan , menentukan kriteria responden termasuk cakupan wilayah dan jumlah KEpala Keluarga (KK)

- Pelaksanaan SMD

melakuakn interview atau wawancara terhadap respnden dan elakukan pengamatan terhadap rumah dan lingkungan

- Tindak lanjut SMD

meninjau kembali pelaksanaan SMD merangkim mengolah dan menganalisan data yang telah dikumpulkan dan menyusun laporan SMD sebagai bahan untuk pelaksanaan musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

- Pengolahan data SMD

Setelah melakukan pengolahan data selanjutnya dibuat kesimpulan tentang  :

1. Masalah masalah yang dirasakan oleh masyarakat

2. Menetukan skala prioritas permasalahan

3. Kesediaan asyarakat untuk ikiut serta dalam menentukan pemecahan masalah

Rapat koordiasi berjalan baik, meskipun masih masih banyak materi yang belum uraikan tapi karen terbatasnya waktu, peserta koordinasi harus puas dan dilanjutkan dengan dengan survey yang sesungguhnya diwilayah masing masing.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter