INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Senam Lansia Untuk Kesehatan

Senam Lansia Untuk Kesehatan

Berbagai aktifitas untuk lansia diharapkan mampu untuk meningkatkan kesehatanya baik secara fisik maupun mental. sejalan dengan hal tersebut orang dengan usia lanjut yang aktif umumnya memiliki resiko yang lebih kecil terhadap penyakit kronis serta berbagai gangguan lainya yang kertp terjadi pada lansia. adapun kegiatan atau jenis aktifitas untuk lansia diantara pilihanya adalah senam.

Umumnya senam menjadi pilihan yang tepat dan banyak diminati, karena bentuk kegiatanya yang terbilang ringan dan sesuai dengan kondisi lansia itu sendiri, kemudian apa saja gerakan senam tersebut ? lalu apa saja manfaat dari senam lansia ?

dalam rangka menggapai asa sehat di usia senja, Posyandu lansia desa purwoharjo aktif mengadakan berbagai pelayanan untuk lansia.termasuk kegiatan senam. seperti pada hari ini kamis 2 juni 2022, dengan di pandu oleh UPTD Puskesmas Kecamatan Puring yang dalam hal ini dilaksanakan oleh beliau ibu Tati Herawati,

Manfaat senam lansia untuk kesehatan

Pada dasarnya senam lansia adalah serangkaian gerak atau latihan fisik yang dilakukan oleh orang lanjut usia, demi meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Jenis aktifitasnya ini memiliki gerakan yang teratur, terarah, dan terencana yang disesuaikan dengan berbagai perubahan tubuh pada lansia.

Selain itu senam secara rutin juga bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa membantu meningkatkan sistem kekbalan tubuh. Adapun dalam hal ini salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh lansia yang sehat dan bugar sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Adapun secara mental, sebagaimana olahraga pada umumnya senam ini juga dapat membantu meningkatkan mood pada lansia, pasalnya olahraga dapat melepaskan hormon endorfin, yaitu hormon pereda stres, sehingga orang yang melakukanya akan merasa bahagia.

Selain itu, ada manfaat lain untuk lansia jika melakukan senam ini secara rutin, manfaat tersebut adalah,

  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur.
  • Mengontrol kadar gula darah, sehingga bisa terhindar dari diabetes
  • Membangun kekuatan otot dan tulang, sehingga bisa mencegah keropos
  • Meningkatkan kelenturan tubuh.
  • Menjaga keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengurangi ketegangan dan kecemasan.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif.
  • Mencegah depresi
  • Meningkatkan hubungan sosial

Berbagai Gerakan Senam Lansia

1. Gerakan Peregangan Leher

2. Mengangkat Lengan

3. Peregangan Pinggang

4. Berdiri dengan satu kaki

5 Gerakan jinjit

Demikian gerakan senam yang dilaksanakan untuk lansia, dengan penuh semangat para lansia mengikuti acara senam, dan acara posyandu lansia diahiri dengan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter