INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

MMD Bidang Kesehatan Desa Purwoharjo

MMD Bidang Kesehatan Desa Purwoharjo

Jumat, 29 Juli 2022, Pemeritah Desa Purwoharjo telah melaksanakan MMD bidang kesehatan. Kegiatan yang dihadiri oleh Ibu Robiyatul Adawiyah dari Promkes Puskesmas Kecamatan Puring dilaksanakan di Balai Desa Purwoharjo. Kegiatan tersebut juga turut mengundang tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, dan masyarakat Desa Purwoharjo.

MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa sendiri merupakan pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil MMD. Kegiatan MMD ini diawali dengan sambutan Bapak Riyadi selaku Kades Purwoharjo. Selanjutnya penyampaian materi berupa hasil SMD oleh Ibu Robiyatul Adawiyah sebagai promkes Puskesmas Puring.

Survey Mawas Diri di Desa Purwoharjo mengambil sampel 64 keluarga. Setidaknya ada 25 indikator yang disampaikan oleh Ibu Robiyatul Adawiyah dari hasil SMD. Sebagian besar indikator dalam SMD menunjukan hasil yang baik akan tetapi ada 5 indikator yang masih menjadi masalah di Desa Purwoharjo karena menunjukkan angka yang buruk. Beberapa indikator yang menjadi masalah kesehatan di Desa Purwoharjo yaitu TB atau Tuberkulosis, penyakit tidak menular, stunting, remaja tidak aktif ke posyandu remaja, dan sampah.  

Setelah Materi disampaikan, acara selanjutnya yaitu musyawarah untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang ada berdasarkan hasil SMD. Musyawarah dipimpin oleh ketua BPD. Dalam musyawarah dihasilkan beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah kesehatan tersebut. Beberapa solusinya yaitu pembuatan kelas untuk ibu-ibu membuat menu makanan bergizi untuk pencegahan stunting, sosialisasi tentang penggunaan tempat sampah tertutup di dalam rumah, mengirim surat ke SDN Purwoharjo agar siswa SD diperbolehkan mengikuti posyandu remaja di saat jam sekolah.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter