INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Menyambut Tahun Baru dengan Tradisi Lama

Menyambut Tahun Baru dengan Tradisi Lama

Jamjaneng adalah salah satu bentuk kesenian asli kabupaten Kebumen,  karena informasinya bahwa seni musik jamjaneng itu hanya ada di Kebumen dan tidak berkembang diwilayah lain disekitar Kebumen.

Desa Purwoharjo adalah salah satu desa yang masih melestarikan kesenian jamjaneng, terbukti pada malam pergantian tahun dari tahun 2022 ke tahun 2023 grup kesenian jamjaneng Ngudi Rukun tampil di balai desa Purwoharjo. meski dengan personel yang sebagian sudah tidak muda lagi pentas senia jamjaneng menyambut pergantian tahun berjalan khidmat.

Dengan di pandegane beliau bpk Mukhsodin dan dibantu oleh bpk Rasiman grup jamjaneng Ngudi Rukun dapat bertahan dan tetap eksis sampai dengan saat ini. berdiri sejak puluhan tahun yang lalu sempat 'viral' diera tahun 70an, sampai dengan sekarang belum ada regenerasi, hal ini seharusnya menjadi pemikiran bersama, bahwa sebuah kesenian yang bernuansa agamis dan tidak meninggalkan kebudayaan lokal harus tergerus oleh zaman, dimana kesinian zaman sekarang sebagian besar sudah tidak lagi berpedoman pada adat dan istiadat masyarakat setempat.

Dengan adanya pentas dimalam tahun baru ini kiranya dapat membangkitkan kaum muda untuk lebih mengenal budaya dan kesenian lokal yang santun dan mendidik berharap bahwa jamjaneng tidak punah karena tidak adanya generasi penerus.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter