INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Pembangunan Saluran Irigasi Tersier

Pembangunan Saluran Irigasi Tersier

Kawasan sebelah utara desa purwoharjo adalah merupakan areal persawahan, hampir seluas 60 Ha semuanya merupakan areal sawah basah, atau yang lazim disebut sawah padi.dan hampir semuanya merupakan areal sawah tadah hujan. meskipun mempunyai bendungan di sungai rama, namun kenyataanya bendungan tersebut belum bisa mencukupi kebutuhan air pada saat diperlukan.

Sebenarnya pada saat musim hujan, areal persawan desa purwoharjo tidak terlalu membutuhkan air untuk mengairi tanaman padi. namun ketika musim tanam II, otomatis dari mulai menyiapkan lahan sampai dengan perawatan tanaman padi sangat membutuhkan adanya aliran air dari irigasi yang ada. 

Dalam hal tersebut pemerintah desa purwoharjo telah memasang sumur sumur bor dengan mesin sedot yang telah di pasang di beberapa tittik. untuk bisa mengalirkan air dari sumur tersebut maka perlu melakukan perbaikan pada saluran irigasi yang memang sudah ada. saluran irigasi memanjang dari arah timur berbatasan dengan desa tukinggedong sampai dengan desa sitiadi dengan panjang 436 meter lebar 100/70 cm dan kedalaman 70 cm. saat ini kondisi saluran tersebut masih kurang terawat karena jarang sekali difungsikan.

Setelah adanya sumur bor tersebut diharapkan saluran irigasi dapat berfungsi dengan semestinya

Adapun untuk pendanaan pembangunan tersier tersebut akan diusahakan dari bantuan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kebumen dengan cara pengajuan proposal.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Agenda

Statistik Pengunjung