INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Penetapan Harga Tractor dan Tenaga Harian Buruh Sawah

Penetapan Harga Tractor dan Tenaga Harian Buruh Sawah

Purwoharjo 24/10, Menghadapi musim hujan yang telah tiba, secara otomatis sebagai masyarakat petani segera melaksanakan persiapan untuk menghadapi musim tanam I, seperti yang sudah berjalan di tahun tahun yang telah berjalan. namun untuk tahun 2022 ini ada beberapa permasalahan yang harus segera di selesaikan, karena akan menjadi kendala yang serius jika permasalahan ini tidak segera dicarikan solusinya.

Imbas dari kenaikan harga BBM, para pengusaha Jasa Olah Lahan, atau pengusaha traktor menuntut adanya kenaikan harga jasa traktor, sebenarnya ini dapat dimaklumi karena dengan naiknya harga BBM akan secara otomatis menaikan modal operasional pada pengolahan lahan pertanian.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa Purwoharjo mengambil inisiatif untuk mempertemukan antara pengusaha jasa traktor dan para petani yang tergabung dalam Gapoktan Subur Makmur Desa Purwoharjo. Mengambil tempat di Balai Desa Purwoharjo, musyawarah dilaksanakan, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Purwoharjo dan didampingi oleh Ketua BPD Desa Purwoharjo beliau Bpk Siput Siswanto. rapat juga dihadiri dari berbagai unsur masyarakat seperti, Kelompok Tani, KPMD, Perangkat Desa, Anggota BPD, RT dan dari unsur perempuan, serta perwakilan dari buruh tani.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan tawar menawar harga yang cukup alot pada ahirnya dapat ditetapkan hasil dari rapat/ musyawarah sebagai berikut :

1. Harga Jasa Traktor dibagi menjadi 2 katagori yaitu :

     a. Untuk lahan dengan katagori mudah / rendah harga jasa sebesar Rp 170.000,- ( per 100 ubin / 1.406,25 meter² )

     b. Untuk lahan dengan katagori sulit / tinggi / tungkrang harga jasa sebesar Rp 180.000,- ( per 100 ubin / 1.406,25 meter² )

harga tersebut disepakati dengan ketentuan bahwa akan ada perbaikan pelayanan dari pengusaha traktor, diantaranya lebih tertibnya waktu turun dan pengerjaan  yang lebih baik lagi.

2. Harga jasa harian tenaga buruh sawah

    a. satu hari ditanggung makan minum Rp 70.000,-

    b. satu hari bebas tidak ditanggung makan dan minum Rp 90.000,-

Demikian hasil dari musyawarah bersama antara petani dibawah naungan gapoktan dan pengusaha traktor serta perwakilan masyarakat dari buruh tani sepakat dengan hasil tersebut.

Dengan telah disepakati point point musyawarah tersebut Kepala Desa Purwoharjo menyampaikan bahwa hal tersebut harus ditaati bersama dan dijaga agar berjalan sesuai dengan yang telah menjadi ketentuan, untuk selanjutnya hasil musyawarah tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Desa Purwoharjo tahun 2022, demikian pungkas kepala Desa sekaligir menutup rapat atau musyawarah tersebut.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Agenda

Statistik Pengunjung