INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

purwoharjo.go.id/ dalam rangka memberikan pemahaman dan prosedur serta tata cara pemulasaran jenazah sesuai dengan tutunan syariat islam, Pemerintah Desa purwoharjo melalui kegiatan yang tercantum dalam anggaran  pendapatan dan belanja desa tahun 2022, melakukan penganggaran untuk melaksanakan pelatihan dan bimbingan pemulasaran jenazah dengan baik benar cepat dan tertib. karena dirasa sangat penting pemahaman akan cara pemulasaran jenazah, terutama bagi para perempuan, karena jarajng sekali diadakan pelatihan pemulasaran oleh perempuan, yang biasa lazim pemulasaran dilakukan oleh laki laki.

Dengan di bimbing nara sumber dari Kecamatan puring, yaitu beliau ibu Markoniatun, pelatihan pemulasaran jenazah dilaksanakan di balai desa purwoharjo. Dengan penuh semangat seluruh peserta pelatihan mengiluti sesi demi sesi, karena memang hal ini dirasa sangat menjadi pengting, ketika ada yang meninggal baik itu tetangga ataupun saudara, apabila sudah ada yang bisa melakukan pemulasaran jenazah tentu sudah tidak ragu ragu lagi untuk segera melakukan tindakan yang musti dilakukan.

Semenytara dalam materinya beliau Ibu, Markoniatun menjelaskan bahwa ada 4 (empat) perkara wajib dalam memulasara jenazah yaitu memandikan, mengkafani, menyolati, dan menguburkan, adapun hukum memulasara jenazah adalah fardlu kifayah artinya kewajiban yang apabila sudah ada sebagian muslim yang melaksanakanya maka gugurlah kewajiban tersebut, selain menjelaskan secara teori ibu markoniatun juga menjelaskan secara praktek dibantu dengan alat bantu yang telah disediakan.

Selain pemulasaran jenazah normal, ibu markoniatun juga menjelaskan cara melakukan pemulasaran jenazah yang terindikasi covid -19 dengan secara baik dan benar serta dengan sepenuhnya mengikuti protokol kesehatan.

secara keseluruhan kegiatan berjaan dengan baik dan lancar, seluruh peserta yang mengikuti sangat antusia menyimak jalanya acara pelatihan dari awal hingga ahir mengingat pentingnya ilmu tentang pemulasaran jenazah, "Alhamdulillah bisa mendapat ilmu tentang pemulasaran jenazah, insya Alloh bermafaaat dunia ahirat," pungkas ibu ketua PKK Desa Purwoharjo,

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip APBDesa 2022

Statistik Pengunjung