INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Rembug Stunting Penyuluhan 1000 HPK

Rembug Stunting Penyuluhan 1000 HPK

Dalam upaya penurunan angka stunting di desa Purwoharjo bersama tim penanganan stunting dan kader posyandu mengadakan sosialisasi 1000 HPK, ( hari pertama kehidupan ) di Balai Desa Purwoharjo pada senin 18 Desember 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Purwoharjo, Bpk Riyadi dan ketua TP PKK ibu Solhatun bidan Desa Siti Zulaecha, A.Md dan penyuluh kesehatan dari UPTD Puskesmas Puring beliau ibu Atania Nida Elfarikh, S.Tr.Gz selaku pembicara pembawa materi penyuluhan, Kader Posyandu dan serta peserta dari unsur masyarakat.

Acara di mulai dengan sambutan dari Kepala Desa Purwoharjo, dalam sambutanya Kepala Desa menyampaikan bahwa Sosialisasi 100 HPK merupakan program Pemerintah yang harus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat akan kesehatan.utamanya dalam rangka penurunan angka stunting.

Lanjutnya kembali, bahwa program 1000 HPK ini sangat penting dalam rangka menyiapkan generasi emas bagi sebuah negara dimasa yang akan datang. dan mengingat pentingnya pengetahuan atau meteri yang akan disampaikan oleh penyuluh dari Dinkes Kecamatan Puring, maka peserta diharapkan agar serius dalam mengikuti acara 

Peserta acara tampaknya sangat serius dalam mengikuti pemaparan yang disampaikan oleh dinas kesehatan, dimana materi yang disampaikan adalah kebutuhan gizi ibu dan bayi,  yang harus terpenuhi dan harus diperhatikan , salah satu penyebab tidak sampainya makanan dari ibu ke bayi adalah HB yang rendah, ini adalah salah satu yang harus di perhatikan.

Adapun bahwa 1000 HPK dimulai sejak 9 bulan dalam kandungan, tahun pertama kelahiran, dan tahun kedua kelahiran. Pada 270 hari pertama, ibu harus memeriksa kehamilan ke bidan atau dokter, tetap makan walaupun terasa mual, rasa ingin buang air kecil secara terus menerus dan rasa sesak karena tekanan dari bayi itu suatu hal yang normal. Jika meminum obat penambah darah tidak boleh dibarengi dengan meminum susu atau teh. Persalinan dilakukan di Puskesmas atau Rumah Sakit dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Masa selanjutnya yaitu 730 hari (tahun pertama dan tahun kedua kehamilan) dimana ibu harus memperhatikan kandungan gizi. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan mengikuti imunisasi. Penyakit yang kerap menyerang bayi ialah diare. Sirkulasi udara pada ruang tidur bayi harus diperhatikan agar udara kerap berganti, juga selalu membiasakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bayi. 

1000 HPK merupakan periode emas tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, sangat perlu diperhatikan agar anak mampu menjalani kehidupannya dengan baik, di masa sekarang maupun masa depan. red

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip APBDesa 2022

Statistik Pengunjung