INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

GOTONG ROYONG (KERIGAN)

GOTONG ROYONG (KERIGAN)

purwoharjo.go.id/ sabtu 11 juni 2022, dimulai pagi hari sebagian warga masyarakat petani desa purwoharjo sudah beraktifitas seperti biasa. ada yang membersihkan rumput, ada yang memberi pupuk , ada juga yang memberikan semprot fungisida maupun insektisida untuk perawatan pada tanaman padi mereka, yang sudah memasuki masa pertumbuhan.

namun ada yang berbeda dari kegiatan biasa, karena pada hari ini sebagian warga desa ada yang ditunjuk untuk melakukan perbaikan DAM, atau bendungan yang ada di sungai Rama dengan urugan tanah.

Desa Purwoharjo memiliki satu buah bendungan yang terletak di sungai rama, bendungan ini sangat membantu untuk pangairan areal persawahan desa purwoharjo dan sekitarnya terutama pada musim tanam 2, dimana disaat MT 2 curah hujan mulai berkurang.

sudah lazimnya sebuah fasilitas pasti perlu perawatan baik itu perawatan rutin ataupun perawatan yang dilaksanakan karena situasi dan kondisi yang mendesak. demikian juga dengan bendung desa purwoharjo, setiap tahunya selalu diadakan perawatan rutin, hal ini dilakukan karena kondisi tanggul yang rentan dengan erosi dan pengikisan air dan hewan sungai, hingga berakibat rmbesnya air bendungan yang bisa berakibat rusaknya tanggul bendungan.

dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada tanggul dan bendungan diperbaiki secara swadaya, dengan menggerakan masyarakat untuk bekerja secara gotong royong pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan banyak manfaat yang didapat. selain pelestarian budaya gotong royong itu sendiri, semua lapisan masyrakt petani juka akan merasa memiliki dan bertanggungjawab atas fasilitas yang dimiliki.

memanfaatkan peralatan yang ada, seperti cangkul linggis  parang sabit, gerobak sorong dan mesin air, perbaikan DAM pada musim ini dilakukan dengan metode pengurugan lubang lubang pada tanggul dengan tanah liat yang di ambil dari pendangkalan sungai.

dengan dilakukan perawatan rutin ini diharapkan bendungan aka  lebih awet hingga bisa memberi mafaat yang lebih lama bagi masyarakt petani desa purweoharjo dan sekitarnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung