INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Sekilas Tentang Padi Gaga

Sekilas Tentang Padi Gaga

Info desa// Desa purwoharjo memiliki kontur lahan pertanian yang beragam, khususnya diwilayah selatan desa, yaitu persawahan dan perkebuman. sebagian lahan dengan kantur tanah agak tinggi dimanfaatkan oleh para petani dengan menanami tanaman buah tahunan seperti jambu, belimbing, alpukat, dan berbagai jenis sayuran atau palawija, antara lain cabai tomat pare dan aneka sayur lainya. sementara pada lahan yang lebih rendah biasa dimanfaatkan oleh petani dengan menanam tanaman palawija dan padi di musim hujan, dimusim kemarau atau diluar musim hujan lahan dengan kontur rendah di tanami jagung dan kacang tanah. sebagai komoditi unggulan untuk wilayah desa purwoharjo, karena harga yang cukup stabil, juga penanaman, perawatan dan pasca panen yang cukup mudah.

Seperti saat sekarang, memasuki musim hujan di bulan oktober, para pemilik lahan yang lebih rendah akan menanami lahanya dengan tanaman padi. pada era tahun 90an, sebelum tehnologi pertanian berkembang seperti sekarang, menanam padi dilahan tanah kering sangat berbeda dengan era sekarang, di era dulu memulai mengoalha lahan untuk persiapan tanam padi biasanya dimulai pada pertengahan bulan agustus sampai dengan wala bulan september, setelahlahan siap penaburan benih padi dilaksanakan langsung dengan cara menaburkan bulir padi pada lahan yng telah dipersiapkan.

Di era sekarang menanam padi pada lahan kering para petani cenderung menunggu curah hujan tinggi hingga lahan persawahan mereka basah dan mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. dengan bantuan tractor sebagai alat pengolah lahan, tentu semua proses akan berjalan lebuh cepat. dengan sistem tanam benih, proses penanaman juga bisa lebih efisien.

Dan untuk tahun ini, dimana hujan turun lebih awal, maka masyarakat petani desa purwoharjo sebagian sudah menanam padi gogo. dan sebagian lagi dalam proses, diperkirakan pertengahan bulan november ini semua lahan sudah tertanami. dihimpun dari berbagai sumber.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung