INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

PADI GOGO

PADI GOGO

Desa Purwoharjo memiliki areal persawahan dengan kontur lahan kering, atau hanya bisa ditanami padi pada saat menjelang musim hujan dan panen pada pertengahan atau menjelang ahir musim hujan.

Pada era tahun 80an, jika waktunya untuk menanam padi gogo brarti itu adalah masa masa sulit pangan, karena musim kemarau panjang dan di era tersebut sumber pangan masyarakat benar benar hanya bersumber dari hasil pertanian semata.

Seiring berjalanya waktu serta  meningkatnya sumberdaya manusia dan teknologi penunjang pertanian dan ekonomi, tanaman padi gogo yang awalnya ditanam pada musim kemarau, sekarang berganti menjadi pad varietas biasa dan ditanam diawal musim penghujan. dengan durasi uur yang lebih pendek, karena ditanam sudah dalam bentuk bibit tanaman, hal ini menjadikan nilai ekonomi tersendir, selain hasil yang meningkat, juga watu yang semakin cepat.

Seperti pada tahun ini, memasuki bulan februari, sudah ada beberapa petani yang memang menanam padi lebih awal, sudah bisa panen. dengan hasil yang cukup memuaskan dan dengan tetap mengandalkan varietas padi hibrida hingga memungkinkan hasil panen yang lebih baik.

Sebagai bonus untuk yang panen padi gogo di waktu waktu awal akan banyak yang membantu karena banyaknya yang membutuhkan limbah panen padi (jerami) atau yang disebut damen untuk pakan hewan ternak mereka, karena sedikitnya ketersediaan pakan ternak di waktu waktu dan dibulan bulan musim hujan.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Kebumen Terkini

Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia
Konsen Beri Perlindungan Terhadap PMI, Pemkab Kebumen Dapat Penghargaan dari Kemenlu
Bupati Kebumen Siap Tindaklanjuti Rekomendasi dari DPRD Atas LKPJ 2023

Arsip Potensi Desa

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2