INFORMASI :

 

Contact Us

Website Resmi Desa Purwoharjo
Desa Purwoharjo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah.

Address

Jl. puring - petanahan km 01 RT 01 RW 03 desa purwoharjo kecamatan puring kabupaten kebumen 54383

Mail Us

purwoharjo.sawo@gmail.com

Call Us

085326956526 081 391 105 500

Postal Code

54383

 

 

Vaksinasi PMK

Vaksinasi PMK

Vaksinasi PMK

purwoharjo.go.id/  Apa itu PMK ? ahir ahir ini seringkali terdengar istilah PMK baik dikalangan masyarakat petani secara umum, maupun peternak dan cukup banyak dibahas di kanal kanal informasi maupun di dunia media sosial. PMK adalah penyakit yang menyerang hewan ternak khususnya hewan ternak berkuku genap. seperti sapi dengan semua jenis sapi, kambing, domba dan babi

Mengingat akan berbahayanya penyakit tersebut, Pemerintah Desa Purwoharjo menggandeng Dinas Pertanian dan Peternakan Kecamatan Puring terkait kegiatan vaksinasi terhadap sapi sapi khususnya milik peternak di wilayah desa purwoharjo. dilaksanakan pada hari senin 12 September 2022 dengan di pimpin oleh beliau dr hewan Dadang, TIM dari Distanak tiba di desa purwoharjopada pukul 08.00 wib dan langsung menuju loaksi titik 1di wilayah RT 02 RW 01, untuk selanjutnya melakukan suntik vaksinasi kepada sapi yang telah berkumpul besrta pemilik sapi. namun sebelum pelaksanaan vaksiasi dr hewan Dadang melaksanakan pencerahan atau sosialisasi kepada kelompok ternak sekilas mengenai apa itu PMK.

Jadi apa itu PMK ? PMK merupakan singkatan dari penyakit mulut dan kuku, ini penyakit hewan yang menular bersifat akut yang disenbabkan oleh virus.kemudian apa yang perlu diwaspadai dari PMK sapi ? diantaranya penyakit ini dapat menyebar dengan sangat cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak yang terinfeksi. tentu hal ini akan sangat merugikan secara nilai ekonomi, dan pengendalian penyakit ini sangat sulit dan kompleks dan salah satu pencegahanya adalah dengan vaksinasi dengan biaya yang mahal serta pengawasan lalu lintas hewan yang terinveksi.

Kemudian bagaimana cara penularan PMK sapi ? diantaranya adalah, kontak langsung maupun tidak langsung dari hewan penderita, (dropet, leleran hidung, serpihan kulit) kemudian vektor hidup ( terbawa manusia dll ) bekan vektor hidup (terbawa mobil angkutan, peralatan alas kandang dll) dapat juga tersebar melalui angin di daerah beriklim khusus.

Adapun gejala klinis PMK Sapi antara lain sapi mengalami demam mencapai 41 derajat celcuis, tidak nafsu makan, menggigil, penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah untuk 2 - 3 hari, sering menggosokan bibir, menggeratkan gigi leleran  mulut dan suka menendangkan kaki.

Pencegahan Penyakit PMK pada sapi, dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain yaitu perlindungan pada zona bebas dengan membatasi pergerakan hewan, pemotongan hewan yang terinfeksi, hewan baru sembuh desinfeksi asset dn semua material yang terinfeksi, musnahkan bangkai sampah dan semua produk hewan pada area yang terinfeksi, dan yang terahir adalah karantina.

yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara pengobatan dan pegendalian PMK sapi,  diantaranya dengan cara, pemotongan dan pembuangan jaringan tubuh hewan atau sapi yang terinfeksi serta sapi yang terinfeksi harus ditepatkan ditempat yang kering dan dibiarkanbebas jalan jalan dalan lingkungan ynag terbatas serta diberikan pakan yang cukup untuk meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

Masyarak peternak desa Purwoharjo cukup antusias mengikuti semua proses pemberian vaksinasi PMK untuk sapi sapi mereka.. mudah mudahan acara Vaksinasi  dapat menceh=gah sapi sapi peternak desa purwoharjo dapat mencegah datangnya virus PMK dan dapat ,enambah wawasan serta pengetahuan petani ternak khususnya para peternak desa Purwoharjo

acara vaksinasi selesai pada pukul 15.00 wib

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung